Friday, January 6, 2017

Rumus Menghitung Total Harga Per Jenis Barang


Selamat pagi!, semangat pagi.
Hari ini kita akan bersama-sama belajar bagaimana menghitung total harga per unit barang dari Total harga keseluruhan, maksudnya gimana ya?.
Biar lebih jelas, perhatikan gambar dibawah ini :




Berdasarkan gambar diatas, kita diminta mencari total harga per jenis barang dari data barang keseluruhan yang ada di sebalahnya. Tinggal pakai kalkulator, kita tandai barang yang sama, selesai. Kok jadul banget ya. hehehe. Atau bisa saja kita kelompokkan per jenis barang, dengan cara kita sort, lalu kita jumlah pada masing-masing kelompok, lalu kita ketikan pada tabel sebelahnya. Not bad, tapi agak kurang efektif. Trus gimana?
Pada Microsoft Excel menyediakan cara yang lebih praktis, yaitu dengan rumus SUMIF. Perhatikan gambar di bawah ini :





Dari gambar di atas kita diminta mencari total harga per jenis barang, pada tabel cell B3 sampai dengan cell C12. Ada 5 ( lima ) jenis barang yaitu : Buku, Pensil, Bolpoint, HVS, dan Penghapus. Dari sebaran data pada tabel sebelah kiri, kita akan mencari harga total per jenis barang pada tabel, misal total harga buku berapa, total harga pensil berapa dst. Maka rumusnya akan menjadi : =SUMIF($B$3:$B$12;F4;$C$3:$C$12) lalu tekan enter. Untuk hasil ke bawahnya tinggal kita copy saja sampai dengan jenis barang terakhir.
Penjelasan :
  • $B$3:$B$12 : Block dari B3 sampai dengan B12 ( Sebaran Data Nama Barang ). Diantara B dan 3, serta B dan 12 kita pencet tombol F4 pada keyboard, berfungsi untuk mengunci.
  • Cell F4 : Jenis barang yang akan kita hitung totalnya.
  • $C$3:$C$12 : Block dari C3 sampai dengan C12 ( Sebaran Total Harga Barang ). Diantara C dan 3, serta C dan 12 kita pencet tombol F4 pada keyboard, berfungsi untuk mengunci.
Untuk lebih jelasnya saya berikan contoh file nya dapat download : disini

Demikian semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment