Monday, January 16, 2017

Kisah Tiga Orang Pekerja

Suatu kali disiang yang terik. Ada tiga orang pekerja yang tengah sibuk berkerja, dan melintaslah seorang pria tua.

"Apa yang sedang kau kerjakan?", tanya orang tua tersebut kepada salah seorang diantara mereka. 

Pekerja bangunan yang pertama tanpa menoleh sedikitpu, menjawab pertanyaan orang tua itu dengan ketus.

" Hei orang tua, apa matamu sudah terlalu rabun untuk melihat, yang aku kerjakan dibawah terik matahari ini adalah pekerjaan kuli biasa !". 

Orang tua tua tersebut hanya tersenyu, dan beralih kepada pekerja bangunan yang kedua, " Wahai pemuda, apakah gerangan yang sebenarnya kalian kerjakan ?".

Pekerja bangunan yang kedua pun menoleh, wajahnya yang ramah dan sedikit ragu. " Aku tidak tahu pasti, tetapi kata orang kami sedang membuat sebuah rumah pak ".

Masih belum puas dengan jawaban dari pekerja pertama dan kedua, lalu orang tua itu pun menghampiri pekerja yang ketiga, lalu menanyakan hal yang sama. Maka perkerja yang ketiga pun tersenyum lebar, lalu menghentikan pekerjaannya sejenak dan dengan wajah berseri-seri berkata.

" Bapak, kami sedang membuat istana indah yang luar biasa. Mungkin saat ini bentuknya belum jelas, bahkan diriku sendiri belum tahu gkelak akan seperti apa jadinya nanti ketika sudah berdiri. Tetapi aku yakin, ketika selesai nanti Istana ini akan megah dan indah, dan semua orang akan mengagumi kemegahan dan keindahannya. Jika engkau ingin tahu apa yang sedang kukerjakan, itulah yang aku kerjakan pak ".

Mendengar jawaban dari pekerja yang ketiga, orang tua itu menjadi terharu. Ternyata dia adalah pemilik istana yang sedang dikerjakan ketiga pekerja tersebut.

Hal yang dapat kita petik :

Jadilah manusia yang hidup dengan sebenar-benarnya hidup, bukan lahir secara kebetulan, punya visi dan misi. Bukan jadi manusia yang pesimis tanpa arah dan ragu menatap kehidupan.



sumber

No comments:

Post a Comment