Friday, January 13, 2017

Memindah Data NISN PAUD ke Microsoft Excel

Selamat malam rekan2 Operator Dapopaudni masih semangat khan?. 
Pada kesempatan ini kita akan bersama-sama mengecheck sekaligus memindah data NISN untuk disajikan kedalam Microsoft Excel. Pertanyaannya untuk apa sich kita harus memindahnya ke Excel, kayaknya nggak ada gunanya dech. Mungkin bagi sebagian rekan2 tidak perlu atau tidak penting, hanya buang2 energi dan tidak ada untungnya.
Tapi jangan salah, suatu saat bila kita diminta untuk untuk menyajikan datanya ke Excel, nah lo gimana tuch. Karena setelah NISN terbit kemungkinan rekan2 diminta untuk membuat usulan pembuatan kartu NISN, dan data yang diminta dalam bentuk Excel.

Baik langsung saja ya.

Pertama-tama rekan2 masuk ke alamat ini : http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Setelah muncul seperti gambar diatas, rekan2 klik pada pojok kanan atas " Masuk Sebagai Pengguna".

 

Lalu akan muncul halaman seperti gambar diatas, rekan2 masukkan username dan password Aplikasi Dapopaud, setelah itu klik " Masuk dengan akun dapodik "

Jika berhasil akan tampil halaman seperti diatas, lalu rekan2 klik " Detail "


Setelah itu rekan2 klik " PD ", dan akan tampil Data Nama siswa, Jenis Kelamin, dan NISN. 
Tapi tunggu, itu dibagian kanan ada menu " Unduh Excel ", tapi sayang rekan2 menu tersebut saat ini belum bisa digunakan, maka dari itu kita harus agak repot sedikit.

Baik kembali ke laptop, rekan2 blog dari No sampai kebawah, hingga seluruh data tampil biru seperti gambar diatas.
Lalu rekan2 klik kanan pada tengah2 data dan klik kiri " copy "

Apabila sudah, rekan2 buka Microsoft Excel dan pilih " Paste ", pada menu Excel yang ada dibagian kiri atas.


Setelah rekan2 klik " Paste ", akan muncul data seperti diatas, akan tetapi data masih acak2an. Kita harus atur biar data tampil sempurna.

Nah setelah kita atur akan tampak seperti gambar diatas, akan tetapi bila kita perhatikan ternyata jumlah digit NISN masih 9 digit, padahal NISN yang asli adalah 10 digit, ternyata angka 0 didepan hilang, maka dari itu harus tambah angka 0 didepan sendiri. Bila kita ketik manual satu2 pasti akan lama dan kurang efisien, maka dari itu kita butuh rumus yang bisa kita tambah secara otomatis.
Kita akan mempergunakan rumus CONCATENATE.

maka rumus nya akan seperti berikut : =CONCATENATE("0";D2) lalu ketik enter.
Penjelasan :
Kita tempatkan rumus diatas pada cell F2, dan Cell D2 adalah Cell dimana data NISN pertama tersaji ( contoh : NISN Budi Santoso )

Bila berhasil akan tampak seperti gambar diatas, bila satu rumus berhasil untuk kebawahnya tinggal rekan2 copy saja, dan akan menjadi seperti gambar diatas.


Setelah itu rekan2 blog NISN hasil rumus barusan dan copy seperti gambar diatas. 

Lalu tempatkan kursor pada kolom NISN, dan klik kanan pilih " Paste Special ", lalu pilih " Value ", dan klik "Ok". Ini dilakukan untuk mengganti NISN yang salah tadi, dengan NISN hasil rumus kita tadi. Dan akan berubah seperti gambar dibawah ini .


Demikian semoga bermanfaat. Salam

No comments:

Post a Comment