Thursday, January 5, 2017

Mengubah Huruf Besar dan Kecil Pada Microsoft Excel

Sering kita mengalami kesulitan bila kita menerima data excel dari orang lain, akan tetapi format tulisan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Semisal data excel yang diantara datanya adalah nama, yang kita inginkan penulisan nama dengan huruf besar semua, akan tetapi data yang dikirim penulisan namanya kecil semua. Dan kita harus edit satu perasatu, kalo data sedikit, kalo banyak, keriting jari kita.
Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana mengubah huruf besar dan kecil pada Microsoft Excel. Terdapat beberapa fungsi yang dapat kita gunakan untuk mengubah huruf besar dan kecil di Microsoft Excel, diantaranya sebagai berikut :
  • Fungsi PROPER : Menjadikan huruf pertama di setiap kata menjadi huruf besar. 
 

Contoh di atas cara penggunaan fungsi PROPER. Kita akan mengubah nama pada cell B3, yang tadinya tertulis kecil semua, dan akan kita ubah huruf besar pada setiap awal katanya, maka rumusnya menjadi =PROPER(B3) lalu tekan enter.
  • Fungsi UPPER : Mengubah teks menjadi huruf besar semua


Contoh di atas cara penggunaan Fungsi UPPER. Di sana kita akan mengubah nama pada cell B3 yang tadinya tertulis huruf kecil semua, menjadi huruf besar semua, maka rumusnya akan menjadi sebagai berikut : =UPPER(B3) lalu tekan enter.
  • Fungsi LOWER : Mengubah teks menjadi kecil semua.
 

Dan contoh yang terakhir, kita akan mengubah data pada cell B3, yang tadinya tertulis huruf besar semua dan akan kita ubah menjadi kecil semua. Dan rumusnya menjadi sebagai berikut : =LOWER(B3) lalu tekan enter.

Demikian semoga bermanfaat dan tetap semangat belajar. Salam.



No comments:

Post a Comment