Wednesday, January 11, 2017

Langkah Edit NISN dan Identitas di Verval Peserta Didik

Salam temans2, bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar sharing dan sama-sama belajar  langkah-langkah edit data di Verifikasi dan Validasi Peserta Didik.

Pertama-tama temans-temans masuk ke alamat : vervalpd.data.kemdikbud.go.id, dan akan tampil halaman seperti dibawah ini :


Pada username dan password, temans2 masukkan username dan password Aplikasi Dapodik.

Setelah berhasil, temans2 akan dihadapkan pada halaman seperti gambar diatas, lalu temans2 pilih Edit Data.

Pada tahap ini, temans2 akan menjumpai 2 pilihan. Yang pertama Pengajuan dan yang kedua Status. Untuk pilihan Pengajuan kita gunakan untuk edit NISN, nama siswa, tempat tanggal lahir, dan nama ibu. Dan pilihan Status kita gunakan untuk melihat sampai sejauh mana proses pengajuan perubahan yang kita usulkan.

Pada kesempatan ini kita akan belajar merubah data nama siswa, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu.

Perhatikan gambar dibawah ini :

 

Setelah kita pilih Edit Data, lalu Pengajuan dan pilih Nama dan tanggal lahir, kita akan dihadapkan pada halaman seperti gambar diatas, lalu kita klik Ok.
Bila sudah kita klik Pilih Siswa, dan akan berubah seperti gambar dibawah ini :


Tinggal kita pilih siswa yang akan kita ajukan perubahan data, lalu isi form yang kita rubah, contohnya pada gambar dibawah ini :
 

Setelah kita klik Pengajuan Perubahan, kita klik kembali Edit Data dan pilih Status. Kita check apakah usulan perubahan kita sudah berhasil masuk apa tidak. Bila berhasil tinggal kita tunggu persetujuan perubahan dari dinas.

Demikian semoga bermanfaat. Salam

No comments:

Post a Comment