Tuesday, January 3, 2017

Kesejukan dan Keheningan Goa Seplawan

Hening, tenang dan senyap, jauh dari hiruk pikuk kota inilah kesan pertama ketika kita menuju ke Tempat Wisata Goa Seplawan. 

Goa Seplawan adalah salah satu tujuan wisata di Kabupaten Purworejo, tepatnya di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing, kira-kira kurang lebih 20 km kearah timur dari pusat kota Purworejo.
Goa Seplawan menawarkan banyak spot yang menarik untuk dinikmati. Bagi kita yang gemar kegiatan jeprat jepret disini surga nya spot untuk kegiatan  itu. Goa Seplawan memiliki ciri khusus yaitu ornamen staklatit, staklamit, flowstone, helekit, soda traw, gower dam, dan dinding-dindingnya berornamen seperti kerangka ikan. Panjang Goa ini sendiri kira-kira 700 m dengan cabang - cabang goa sekitar 150-300 m, dan berdiameter 15 mSusasana yang ditawarkan di Goa Seplawan sungguh luar biasa, begitu sejuk dan tenang. Sangat cocok bagi mereka yang hendak mencari keheningan dan relaksasi dari kepenatan pekerjaan dan hiruk pikuk kota. Makanya tak heran banyak dari pengunung yang betah berlama-lama di area Wisata Goa Seplawan. 
Disini juga kita akan menjumpai replika sepasang patung Dewa Syiwa dan Dewi Parwati. Ini bukan tanpa alasan kenapa di Goa Seplawan terdapat replika patung tersebut, karena pada tanggal 28 Agustus 1979 di dalam salah lorong Goa Seplawan diketemukan sebuah arca sepasang dewa dewi yang terbuat dari emas murni seberat 1,5 kg yang tidak lain adalah Dewa Syiwa dan Dewi Parwati. Patung ini kemudian dibawa ke Jakarta dan disimpan di Musium Nasional Jakarta.

Ayo berwisata ke Kabupaten Purworejo, ayo ke Goa Seplawan.

PURWOREJO MULYO







No comments:

Post a Comment